Wisatawan di Sumba Timur Diminta Terapkan Protokol Kesehatan Era New Normal

Wisatawan di Sumba Timur Diminta Terapkan Protokol Kesehatan Era New Normal

Cara Memahamkan Konsep New Normal pada Anak di umur PAUD hingga SD
New Normal Ini Menunggu Normal Sebenarnya Kemungkinan Kehidupan Normal setelah Pandemi Ahli Paru
Slank Siap Gelar Konser Virtual Jelang Penerapan New Normal

Tempat wisata di Sumba Timur sudah dibuka saat era new normal. Menyambut pembukaan tempat wisata, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur terus mengingatkan kepada masyarakat, terutama pelaku pariwisata dan pengunjung obyek wisata agar tetap memperhatikan protokol kesehatan. Protokol kesehatan yang harus diterapkan oleh pengunjung dan pelaku wisata terutama memakai masker dan selalu mencuci tangan.

Imbauan untuk melakukan protokol kesehatan ini disampaikan Sekda Sumba Timur, Domu Warandoy, S.H, M. Si , Senin (20/7/2020). Menurut Domu, saat ini dalam era penerapan new normal, maka semua obyek wisata yang ada di Sumba Timur telah dibuka "Tentu sudah ada pengunjung di tempat wisata, sehingga pemerintah minta agar masyarakat jangan mengabaikan protokol kesehatan," kata Domu.

Dijelaskan, protokol kesehatan yang harus ditaati yakni menggunakan masker, cuci tangan dan juga tetap menjaga jarak. "Ini suatu pola kehidupan yang perlu kit perhatikan bersama. Jadi bukan hanya di tempat wisata tapi di mana saja terutama saat berada di area publik," katanya. Domu mengakui, kondisi pandemi Covid 19 menyebabkan penurunan penerimaan dari sektor pariwisata.

"Aktivitas perekonomian pada sektor pariwisata juga menurun. Karena itu, kita akan siapkan agar setelah dibuka maka protokol kesehatan di bidang pariwisata juga harus dipatuhi," katanya. Dikatakan, di Sumba Timur banyak obyek wisata, namun dalam masa Pandemi Covid 19 ini, terjadi penurunan pendapatan dan kunjungan. "Pemerintah akan terus berupaya agar sektor ini kembali hidup dan bisa berdampak bagi kehidupan masyarakat," ujarnya.

Domu mencontohkan, beberapa obyek wisata di Sumba Timur seperti di Pantai Tarimbang, Kecamatan Pinu Pahar ada home stay yang dikelola oleh masyarakat setempat. Ada juga Pantai Kalala di Waijelu serta sejumlah obyek wisata bahari yang dimulai dari pantai Timur hingga Selatan. Domu juga mengatakan, ada obyek wisata Pantai Londa Lima yang terletak di Kecamatan Kanatang. Obyek wisata ini merupakan obyek wisata milik Pemkab Sumba Timur serta beberapa taman.

"Karena itu, apabila semua potensi dikembangkan secara maksimal setelah new normal ini, maka saya yakin akan ada pemulihan ekonomi secara perlahan tapi pasti," ujarnya.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0