Qasir Targetkan Transaksi Rp 300 Miliar Per Bulan Jalankan Ekosistem Digital buat UMKM

Qasir Targetkan Transaksi Rp 300 Miliar Per Bulan Jalankan Ekosistem Digital buat UMKM

Mitsubishi Resmi Buka Dealer di Pondok Cabe Tangsel
Toyota Jamboree 2019 Jadi Ajang Perkenalan Teknologi Elektrifikasi
Mei, Arai Segera Rilis Seri Helm Terbaru Replika Para Pembalap

Startup penyedia platform kasir untuk pengusaha mikro dan kecil (UMKM),Qasir, menyiapkan ekosistem bisnis digital terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna untuk aktivitas pembayaran, pembiayaan sampai pengadaan stok barang. "Kita sediakan platform untuk UMKM. Dalam tiga bulan ke depan kita akan luncurkan fitur baru.Kita memperkenalkan revenue sharing dari transaksi merchant juga dari partner pendanaan kami," ujar CEO Qasir Michael Williem dalam paparannya di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Michael menyatakan, pihaknyapercaya, jika user hanya membeli dan membayar apa yang mereka butuhkan bisnisnya akan berkembang lebih baik.

Dia menegaskan, Qasir lebih memilih berkolaborasi ketimbang mengembangkan infrastruktur sendiri. "Misi kita adalah membesarkan UMKM di Indonesia." Bulan Januari 2020 lalu, Qasir menjalin kerja sama dengan Kerry Express. Lewat kerjasama ini, Mitra Qasir bisa manfaatkan space di warungnya untuk drop dan pick up point pengiriman paket. Michael menambahkan, ekosistem di Qasir mencoba membantu mengatasi empat masalah yang selama ini kerap dihadapi UMKM dan membuat bisnis mereka sulit berkembang.

Yakni, akses dan penguasaan ke teknologi yang rendah, income gate, rendahnya penguasaan ilmu bisnis serta rendahnya akses ke pembiayaan. Qasir memasang target nilai transaksi Rp 300 miliar per bulan. Di bulan Februari 2020 ini, nilai transaksi yang tercatat sudah mencapai Rp 70 miliar sampai 80 miliar per minggu. Untuk belanja grosir, target kita Rp 10 miliar per bulan. Awal tahun ini sudah Rp 8 miliar per bulan. Setiap bulan ada kenaikan transaksi sekitar 17 18 persen di pembelanjaan grosir," ujarnya.

Untuk user, pihaknya memasang target pengguna sebanyak 1,6 juta. Dari jumlah ini, pengguna Qasir dari kalangan pengusaha mikro saat ini mencapai 36.000 dengan 30 40 persen diantaranya merupakan user aktif. "Artinya kita punya 60 70 ribu user aktif setiap bulannya," kata dia. Novan Adrian, Chief Technology Officer (CTO) Qasir menyatakan, pihaknya saat ini dalam proses sertifikasi ISO untuk standar security transaksi, seperti perlindungan data para mitra. "Di platform kami tidak ada pertukaran password. Yang terjadi hanya pertukaran token. Karena kita sudah masuk ke ranah fintech di bisnis ini, jadi aspek security kita utamakan," ujar Novan.

Untuk membangun ekosistem digital terintegrasi bagi UMKM, Qasir saat ini memanfaatkan teknologi POS di aplikasi Qasir dan aplikasi Miqro. Qasir memilih partner bisnis secara selektif sebelum kemudian dipromosikan kepada usahawan. Co FounderdanChief Marketing OfficerQasir Rachmat Anggara mengatakan, untuk membantu UMKM mengakses sumber permodalan, Qasir bermitra dengan platformpeer to peer lendingQazwa. Pihaknya juga sedang menyiapkan model kerja sama dengan platform fintechInvestree setelah sebelumnya menjalin kerja sama denganKoinworks untuk pendanaan ke mitra UMKM.

Di penyediaan pendanaan ini, Qazwa digandeng lantaran menyediakan fleksibilitas terkait nilai nominal dana yang dibutuhkan UMKM, mulai dari hanya ratusan ribu rupiah mengikuti kebutuhan dan profil bisnis yang digeluti UMKM. Kemitraan penyediaan dana untuk UMKM dari Qazwa saat ini dijalankan hanya kepada UMKM yang memiliki kinerja bisnis bagus termasuk yang berkaitan dengan proses pencatatan transaksi, volume pembelian serta penjualan. Di solusi logistik, Qasir bermitra dengan Kerry Express yang membuka peluang bagi usahawan yang ingin mendapat penghasilan tambahan dengan menjadikan warung atau tokonya sebagai lokasi antar jemput paket yang nantinya akan didistribusikan oleh Kerry Express.

Pilot project kerjasama ini dijalankan di 4 toko di Pejaten, Cilandak Timur dan beberapa titik lainnya. Sdejak setahun ini Kerry juga menjadi partner Qasir di manajemen logistik Belanja Grosir. Partner bisnis lainnya yang digandeng adalah platform penyediaan produk segar Tukangsayur.co. dan TaniHub yang memungkinkan usahawan membeli bahan baku segar lewat satu aplikasi.

Ada juga Shopee Pay yang digandeng sebagaipayment gateway.Qasir sedang menjajaki kerja sama dengan Shopee Pay untuk pengadaan stiker QRIS di warung warung usahawan.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0