Koki Ternama Inggris Belajar Bikin Rendang di Sumatera Barat

Koki Ternama Inggris Belajar Bikin Rendang di Sumatera Barat

Petinju Asal Inggris Sebut Mike Tyson Bisa Terbunuh Jika Nekat Kembali Bertarung
Kylian Mbappe Disebut Tidak Cocok Bermain di Liverpool
Menlu Inggris Dominic Raab Kutuk Serangan Rudal Balistik Iran Terhadap 2 Pangkalan Udara AS di Irak

Koki selebriti asal Inggris Gordon Ramsay mengunjungi Sumatera Barat dalam rangka syuting program televisi " Gordon Ramsay: Uncharted". Program ini akan tayang di National Geographic pada Juni 2020 mendatang. William Wongso, pakar kuliner Indonesia menjadi mentor Gordon Ramsay untuk mempelajari budaya dan kuliner Sumatera Barat terutama masakan rendang.

“Syuting itu 19 22 Januari 2020. Kebetulan Covid 19 itu sudah mulai merambah ya tapi mereka dan kita biasa saja karena enggak tahu. Enggak ada yang pakai masker,” tutur William dihubungiKompas.com, Rabu (27/5/2020). Selama syuting tersebut, William yang punya julukan diplomat rendang menjelaskan bahwa agenda yang ia dan Gordon Ramsay lakukan cukup banyak. Mulai dari upacara adat di Istana Pagaruyung, mencicipi durian, datang ke tempat pembuatan bika, mengikuti pacu jawi, sampai praktik memasak rendang untuk dipresentasikan ke Gubernur Sumatera Barat.

“Saya kasih tantangan untuk dia pelajari soal rendang terus nanti dia masak sendiri untuk dicoba sama gubernur," cerita William. "Untuk hasilnya karena saya yang ngajarin, bumbunya kita yang ngajarin jadi ya enggak memalukan lah,” tutur William sambil tertawa. Tak hanya rendang, Gordon Ramsay juga sempat bertanya mengenai dadiah.

Dadiah adalah sejenis yoghurt ala Sumatera Barat yang dibuat dari susu kerbau. Susu tersebut dimasukkan ke dalam bambu dan didiamkan selama satu hari untuk proses fermentasi. “Dia mau tahu cara bikinnya karena kalau di barat itu kan harus pakai ragi. Ini enggak dikasih ragi karena ragi sudah ada di dalam bambu," jelas William. Katanya, keunikan keunikan tersebut yang mungkin nanti akan muncul di National Geographic episode Sumatera Barat.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0