Destinasi Lamongan Siap Memanjakan Pemudik

Destinasi Lamongan Siap Memanjakan Pemudik

Kunjungi Sea World hingga Trans Snow World 7 Tempat Wisata Indoor Cocok buat Destinasi Libur Natal
10 Tempat Wisata Terbaik untuk Musim Panas
Turis Bisa Terapkan Jarak Sosial Taman Kota di Kopenhagen Disulap Jadi Pulau Apung

Selama ini, Lamongan dikenal karena kulinernya yang sangat memanjakan lidah. Padahal, kota di Jawa Timur ini juga menyimpan destinasi yang keindahannya luar biasa. Kalau tidak percaya, datang saja ke Lamongan saat #PesonaMudik2019. Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengajak para wisatawan dan pemudik untuk mampi ke sejumlah destinasi di Lamongan. “Kalau datang ke Lamongan, jangan hanya menikmati kulinernya saja. Lengkapi juga pengalaman kalian dengan mengunjungi destinasinya. Karena, Lamongan memiliki sejumlah destinasi yang ciamik,” papar Menpar, Senin (27/5).

Buat kalian yang belum tahu apa saja yang ada di Lamongan, berikut 10 destinasi Lamongan yang bisa menjadi pilihan Kalau kalian mencari lokasi yang instagramable di Lamongan, Tlogo Sadang adalah jawabannya. Tlogo Sadang, alias Telaga Sadang, adalah wisata alam yang baru ramai dikunjungi di awal tahun 2017. Tlogo Sadang awalnya adalah tambang batu kapur. Namun, keindahannya mau tak mau membuat orang datang dan mengabadikannya lewat foto.

Buat wisatawan yang ingin mendapatkan destinasi yang memadukan konsep wisata dan pendidikan (Edu toursm), pilihannya adalah Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO). Tempat ini memiliki motto Pendidikan, Tantangan dan Inspirasi. WEGO sangat tepat untuk wisatawan yang datang bersama keluarga besar dan membawa anak anak. Wisata Bahari Lamongan (WBL) terletak di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Tempat wisata ini dibuka sejak 14 November 2004. Beberapa wahana unggulan tempat wisata ini antara lain Istana Bawah Laut, Gua Insectarium, Space Shuttle, Anjungan Wali Songo, Texas City, Paus Dangdut, Tembak Ikan, Rumah Kaca, serta Istana Bajak Laut.

Destinasi di Jalan Daendels, Paciran, sangat populer di Lamongan. Karena sudah ada sejak tahun 1994. Dahulu, namanya Goa Istana Maharani. Andalannya adalah keindahan stalaktit dan stalagmit. Namun, sejak 2008 nama destinasi berganti menjadi Maharani Zoo. Yang disajikan pun lebih beragam. Ada wahana konservasi dan edukasi serta budaya yang terangkum dalam nuansa etnik Afrika. Fasilitas yang ditawarkan meliputi taman satwa atau kebun binatang. Koleksinya seperti orang utan, beruang madu, wallaby, jerapah, singa putih dan harimau putih serta masih banyak lagi. Inilah keunggulan pariwisata. Bekas tambang kapur di Lamongan pun disulap menjadi destinasi. Lokasi yang awalnya tandus, gersang dan panas, kini berubah menjadi ramai. Apalagi setelah bekas tambang kapur itu dikenal sebagai destinasi wisata Gunung Mas. Kalian yang ingin membuktikan keindahan tempat ini, datang saja ke selatan Lamongan. Tepatnya, di Desa Tugu, Kecamatan Mantup.

Gunung Mas sendiri sebenarnya berupa rumah tinggal dari kayu yang dipercantik dengan nuansa Jawa dan China. Warna merah menjadi ciri khas setiap bangunan yang ada di kawasan ini. Wisata Lamongan semakin lengkap dengan hadirnya wisata alam pemandian Air Panas Brumbun. Destinasi ini memang tidak seterkenal Goa Maharani ataupun Wisata Bahari Lamongan (WBL). Tapi Air Panas Brumbung tetap layak dikunjungai. Karena, lokasinya yang masih asri. Pemandian Air Panas Brumbung ini berada di Dusun Tepanas, Desa Kranji, Kecamatan Paciran.

Waduk Gondang adalah sebuah waduk yang ada di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Waduk Gondang dibangun dengan membendung Sungai Gondang. Secara administrasi Waduk Gondang mencangkup dua kecamatan. Sebagian besar masuk wilayah Kecamatan Sugio meliputi Desa Gondang Lor, Desa Deketagung, Desa Kalitengah, Desa Daliwangun dan sebagian kecil Desa Sidorejo. Untuk menuju lokasi ini selain dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dapat juga menggunakan angkutan umum dari Lamongan menuju Gondang. Namanya aneh, unik, lucu, dan tidak biasa. Tapi pentai ini cukup favorit di Lamongan. Pantai Kutang berada di Desa Labuhan. Atau masuk di Kecamatan Labuhan, Lamongan. Tempat ini berlokasi di perairan laut Jawa. Uniknya, pantai unik ini memiliki ombak yang kecil. Tidak seperti pantai pantai lain di perairan laut selatan.

Mau tahu objek wisata yang sedang banyak diburu di Lamongan? Namanya Akar Langit. Keistimewaannya adalah jejeran pohon jati dan mahoni. Semuanya tumbuh rapi, tampak elok dipandang dari segala sisi. Di antara barisan jati dan mahoni yang kurus tinggi, pohon ini tampak seperti akar yang menjalar ke atas. Bergumul jadi satu membentuk batang berdiameter sekitar 75 centimeter. Batang batang kecil menjalar meliuk liuk belasan meter ke pohon pohon lain mirip jaring. Warga sekitar menyebutnya sebagai “Akar Langit.” Wisata Akar Langit berada di Desa Sendangharjo, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Siapa yang pernah nonton film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck? Itu loh film yang dibintangi Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahardian. Nah jejak kapal itu bisa kalian ditemui di Lamongan. Tepatnya Monumen Van Der Wijck. Monumen itu dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda, yang terletak di kantor pelabuhan Brondong, Lamongan. Kapal Van der Wijk adalah kapal uap milik Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM) yang merupakan cikal bakal Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) saat ini.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0